Website Berbasis ChatPDF AI untuk Membantu Analisis Dokumen dan Pencarian Informasi (Studi Kasus Politeknik TEDC Bandung)

Authors

  • Wahyu Safrizal Politeknik TEDC Bandung
  • Dini Rohmayani Politeknik TEDC Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v7i2.2401

Keywords:

ChatPDF, Artificial Intelligence, Website, Analisis Dokumen, Pencarian Informasi

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu banyaknya pengguna yang kesulitan dalam mengekstrak informasi yang relevan dari dokumen sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Website berbasis ChatPDF AI dikembangkan untuk membantu dalam pengambilan informasi secara otomatis dari dokumen PDF terutama di dokumen peraturan akademik. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC) dengan metode waterfall dengan tahapan analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Teknologi yang digunakan meliputi PHP (Laravel) dan database MariaDB. Fitur-fitur utamanya meliputi login, unggah dokumen, pencarian berbasis chatbot AI pembaruan profil, dan riwayat pencarian. Hasil dari  blackbox testing semua fitur telah berjalan 100% sesuai dengan fungsinya dan hasil dari User Acceptance Test (UAT)  yang disebar kepada 14 responden dengan parameter uji berdasarkan desain, fitur dan kepuasan pengguna mendapatkan hasil sebesar 91,67%, yang menunjukkan bahwa sistem ini diterima dengan baik oleh pengguna.

References

[1] D. Tri Yulianti and A. Tri Prastowo, “Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klink Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 32–39, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

[2] H. Nurcahyani, “Menguasai Chat Pdf : Artificial Intelligent Untuk,” vol. 5, no. 5, pp. 10271–10276, 2024.

[3] F. Rumaisa, Y. Puspitarani, A. Rosita, A. Zakiah, and S. Violina, “Penerapan Natural Language Processing (NLP) di bidang pendidikan,” J. Inov. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 232–235, 2021, doi: 10.33197/jim.vol1.iss3.2021.799.

[4] B. Huda and B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce,” Systematics, vol. 1, no. 2, p. 81, 2019, doi: 10.35706/sys.v1i2.2076.

[5] D. D. Netha Putra, “Artikel Aplikasi Software,” no. October, pp. 3–6, 2022, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/364119995

[6] R. Indah Melyani, R. Rosita, and S. Aji, “Pengembangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel dengan Metode Agile Software Development,” J. Sist. Inf. Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 31–36, 2023, doi: 10.31294/jasika.v3i01.2195.

[7] S. R. Ningsih et al., Perancangan Basis Data, no. February. 2022.

[8] M. A. Qaulan, Wahyuni, and P. Adytia, “Pengembangan Chatbot Berbasis AI untuk Mendukung Pelayanan Perpustakaan,” J. Teknol. Inf. Komunikasi(TEMATIK), vol. 12, no. 1, pp. 23–30, 2025, [Online]. Available: https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/index

[9] G. Guntoro, Loneli Costaner, and L. Lisnawita, “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML),” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 291–300, 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i2.5049.

[10] S. Salamun, Aldi Aprialdo, and Sukri, “Optimasi Chatbot dengan Pemanfaatan Natural Language Processing,” J. Komput. Terap., vol. 10, no. 1, pp. 17–26, 2024, doi: 10.35143/jkt.v10i1.6181.

[11] D. Rohmayani, F. Hasabi Adiwijaya, A. Sudrajat, R. Burjulius, and S. Lena, “Sistem Informasi Penjadwalan Mata Kuliah Berbasis Web (Studi Kasus : Politeknik Tedc Bandung),” J. Informatics Electron. Eng., vol. 02, no. 01, pp. 15–22, 2022.

[12] H. Lema, G. Feoh, and I. M. D. Ardiada, “Implementasi Sistem Reservasi Homestay Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 09, pp. 266–276, 2024.

[13] M. R. Novryan, A. Suraya, and T. Sumarni, “Analisis Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web ( Cv Pt Meskom Bengkalis ),” J. Kaji. Ilm. Interdisiplinier, vol. 8, no. 6, pp. 448–455, 2024.

[14] P. N. Bali, “Kajian Pustaka Arsitektur Komputer Edisi 3A Recover Together,” no. October, 2022, doi: 10.13140/RG.2.2.12059.75043.

[15] M. A. Hasibuan and Samsudin, “Analisis Dan Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode System Development Life Cycle (Sdlc),” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 7, no. 1, pp. 377–385, 2025, doi: 10.51401/jinteks.v7i1.5589.

[16] Uminingsih, M. Nur Ichsanudin, M. Yusuf, and S. Suraya, “Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula,” STORAGE J. Ilm. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2022, doi: 10.55123/storage.v1i2.270.

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Safrizal, W., & Rohmayani, D. (2025). Website Berbasis ChatPDF AI untuk Membantu Analisis Dokumen dan Pencarian Informasi (Studi Kasus Politeknik TEDC Bandung). Informatics and Digital Expert (INDEX), 7(2), 121–127. https://doi.org/10.36423/index.v7i2.2401