Perancangan UI/UX Bank Sampah di Bandung Raya Berbasis Mobile Menggunakan Metode Double Diamond
DOI:
https://doi.org/10.36423/index.v7i2.2414Keywords:
bank sampah, User Interface, User experience, Desain proses, Double diamondAbstract
Pengelolaan sampah menjadi pusat perhatian Dinas Lingkungan Hidup karena masyarakat masih memaksimalkan pembuangan sampah tanpa dipilah ke tempat pembuangan akhir yang mengakibatkan overload dari kapasitasnya. Bank Sampah Bersinar merupakan badan yang memiliki konsep reduce, reuse dan recycle (3R) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemilahan sampah. Namun peran dari Bank Sampah Bersinar masih kurang optimal karena keterbatasan akses lokasi, drop point, sarana informasi dan teknologi menjadi hambatannya. Dalam upaya meningkatkan layanan, perancangan UI/UX aplikasi menjadi salah satu solusi yang dapat memperbaiki permasalahan. Pendekatan desain proses model double diamond dianggap mampu menggali permasalahan hingga mendalam dengan proses discover, define, develop dan deliver. Hasil yang didapat pada perancangan ini adalah sebuah strategi untuk mengintegrasikan seluruh layanan bank sampah sehingga lebih efektif. Manfaat dari penelitian ini dapat digunakan untuk pembuatan aplikasi yang digunakan oleh masyarakat.
References
[1] Mahyudin, R. P. (2017). Study of Waste Problems and Landfill Environmental Impact. In Jukung Jurnal Teknik Lingkungan (Vol. 3, Issue 1).
[2] Yudiyanto, Yudistira, E., & Tania, A. L. (2019). Pengelolaan Sampah: Pengabdian dan Pendampingan di Kota Metro.
[3] Muttaqien, K., Sugiarto, & Sarifudin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Kesehatan Lingkungan melalui Program Bank Sampah. In Agustus 2019 Indonesian Journal Of Adult and Community Education (Vol. 1, Issue 1).
[4] Chotimah, C. (2020). Pengelolaan Sampah dan Perkembangan Ekonomi Kreatif.
[5] Escanillan-Galera, K. M. P., & Vilela-Malabanan, C. M. (2019). Evaluating on user experience and user interface (UX/UI) of Enertrapp a mobile web energy monitoring system. Procedia Computer Science, 161, 1225–1232.
[6] Iriarte, I., Hoveskog, M., Nguyen Ngoc, H., Legarda, I., Uranga, M., Nazabal, M., & Atxa, A. (2023). Service design for digital servitization: Facilitating manufacturers’ advanced services value proposition design in the context of Industry 4.0. Industrial Marketing Management, 110, 96–116.https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2023.02.015
[7] Corral, L., Fronza, I., & Mikkonen, T. (2021). User Interface Matters: Analysing the Complexity of Mobile Applications from a Visual Perspective. Procedia Computer Science, 191, 9–16. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.07.039
https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.236
[8] Gustafsson, D. (2019). Analysing the Double diamond design process through research & implementation 2 Content.
[9] Al-Shamaileh, O., & Sutcliffe, A. (2023). Why people choose Apps: An evaluation of the ecology and user experience of mobile applications. International Journal of Human Computer Studies, 170.
[10] Aida Alfita, Banu Sulaeman Mubaraq, & Noerma Kurnia Fajarwati. (2024). Inovasi Pelayanan Publik Menggunakan Co Creation. Filosofi : Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(2), 92–102. https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i2.75
https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2022.102965
[11] Susanto, B. P., & Wurjaningrum, F. (2019). Service Blueprint and Quality Function Deployment in Designing Service Quality Improvement in Hospital. In International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net (Vol. 9, Issue 8). www.ijicc.net
[12] Andini, U. D., Yani, A. R., Solicitor, A., Chidtian, C. El, Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Bank Sampah Induk Surabaya Berbasis Mobile untuk Memberikan Kemudahan terhadap Pelayanan Nasabah 11. https://ojs.unm.ac.id/tanra/
[13] Jayanti, B. dwi. (2018). Evaluasi User Experience dan User Interface Chatbot.
[14] Hendradewa, A. P. (2017). Perbandingan Metode Evaluasi Usability (Studi Kasus: Penggunaan Perangkat Smartphone).
[15] Khan, A., Mukhtar, H., Ahmad, H. F., Gondal, M. A., & Ilyas, Q. M. (2017). Improving Usability through Enhanced Visualization in Healthcare. Proceedings - 2017 IEEE 13th International Symposium on Autonomous Decentralized Systems, ISADS 2017, 39–44. https://doi.org/10.1109/ISADS.2017.36
[16] Soewardikoen, D. W. (2021). Metodologi penelitian Desain Komunikasi Visual (B. Anangga & F. Maharani, Eds.). PT KANISIUS.
[17] Fahim, F., Farabi, A. Al, Hasan, M. S., & Sayam, S. M. N. R. (2024). Nuclear energy in Bangladesh: A SWOT analysis. Heliyon, 10(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e31933
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rafi Hafizhni Anggia, Robby Maududy, windriyana windriyana, miftahudin miftahudin, Dede Rizal Nursamsi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



