Perancangan UI/UX Aplikasi E-Commerce Dengan Mengguakan Metode Design Thinking Berbasis Application Mobile
DOI:
https://doi.org/10.36423/index.v7i2.2417Keywords:
User Interface, User Experience, Design Thinking, System Usability Scale, WhatsappAbstract
Toko Sandal Bi’em merupakan toko yang menjual berbagai jenis sandal seperti sandal slip-on dan sandal kasual. Transaksi yang dilakukan di toko masih secara konvensional. Pelanggan hanya bisa melakukan pembelian dan memilih jenis sandal jika datang ke toko. Adapun beberapa pelanggan dari luar daerah jika memesan produk, pelanggan harus menghubungi secara online via WhatsApp toko Sandal Bi’em dan menunggu sampai pesan tersebut dibalas yang mana akan membutuhkan tidak sebentar sampai pegawai membalas pesan WhatsApp. Lalu pegawai toko akan mengirimkan katalog foto produk kepada pelanggan, setelah pelanggan memilih sandal yang diinginkan dan menyelesaikan pembayaran, pegawai melakukan pengiriman menggunakan jasa pengiriman. Selain itu, pegawai juga mengalami kesulitan dalam pencatatan hasil penjualan karena masih menggunakan buku dan kalkulator dalam proses transaksinya, sehingga menyebabkan kesalahan pencatatan transaksi. Dengan adanya masalah tersebut dibutuhkan aplikasi penjualan atau e-commerce agar memudahkan pembeli dalam melakukan pembelian dan mendapatkan informasi yang jelas mengenai produk sandal yang dijual. Perancangan UI/UX aplikasi e-commerce dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking yang mencakup tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Metode Design Thinking adalah proses berulang untuk memahami pengguna dan digunakan untuk menciptakan solusi yang menghasilkan desain yang intuitif dan mudah dipahami oleh pengguna. Pengujian rancangan dilakukan dengan memberikan pertanyaan dalam bentuk kuesioner menggunakan System Usability Scale kepada 45 responden yang memperoleh hasil sebesar 79,3, dari 100, nilai ini berada pada kategori “Acceptable” dan tingkatan “Good”. Maka dapat disimpulkan bahwa perancangan aplikasi e-commerce Sandal Bi’em berbasis application mobile, sudah mendapatkan kepuasan yang baik dan dapat diterima oleh pengguna.
References
[1] N. R. Wiwesa, “USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN,” vol. 3, no. 2, p. 2, 2021.
[2] Alpiyasin, F. (2024). Perancangan Antarmuka Aplikasi Mobile Perguruan Tinggi Menggunakan Kansei Engineering (Studi Kasus: STIS Nahdatul Ulama Cianjur). Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 14(1), 68-83.
[3] Y. L. R. Rehatalanit, “Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis,” vol. 6, 2021.
[4] I. Kurnia, “PERMASALAHAN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE,” vol. 4, no. 2, pp. 343–350, 2021.
[5] P. Kotler, MARKETING MANAGEMENT 15E. Pearson India Education, 2017.
[6] A. K. Mabrur and Z. Ruma, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA OMPO KABUPATEN SOPPENG,” vol. 19, no. 2, pp. 143–159, 2022, doi: 10.26487/jbmi.v19i1.23514.
[7] David, “ANALISIS PENGARUH UI / UX APLIKASI TOKOPEDIA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA,” vol. 11, p. 6, 2023, doi: https://doi.org/10.24912/jiksi.v11i1.24088.
[8] Y. Putra et al., PENGANTAR APLIKASI MOBILE. Haura Utama, 2023.
[8] Interaction Design Foundation, “USER INTERFACE (UI) DESIGN.” [Online]. Available: https://www.interaction-design.org/literature/topics/ui-design
[10] R. Fadilah and D. Sweetania, “PERANCANGAN DESIGN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI RESERVASI RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023.
[11] D. Saputra and R. Kania, “Implementasi Design Thinking untuk User Experience Pada Penggunaan Aplikasi Digital,” Pros. Ind. Res. Work., pp. 1174–1178, 2022.
[12] E. A. C. Bittner and O. Shoury, “Designing Automated Facilitation for Design Thinking : A Chatbot for Supporting Teams in the Empathy Map Method,” Hawaii Int. Conf. Syst. Sci., pp. 227–236, 2019, [Online]. Available: https://hdl.handle.net/10125/59463
[13] I. B. Sekali, C. E. J. . Montolalu, and S. A. Widiana, “Perancangan UI / UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 53–64, 2023.
[14] J. M. Dumalang, C. E. J. . Montolalu, and D. Lapihu, “Perancangan UI / UX Aplikasi Penjualan Makanan Berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 41–52, 2023.
[15] Dewi, E. Z., Fransisca, M., Handayani, R. I., & Cahyanti, F. L. D. (2022). Analysis and Design of UI/UX Mobile Applications for Marketing of UMKM Products Using Design Thinking Method. Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 6(4), 2329-2339.
[16] Jati, M., Okmayura, F., Azizah, N., Zainal, N., & Adha, K. (2024). Application UI UX Design Selling Laptops Online Using The Design Thinking Model. Journal of Artificial Intelligence and Engineering Applications (JAIEA), 3(2), 570-578.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Feri Alpiyasin, Debi Irawan; Hasna Salsa Dhia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



