Perancangan Aplikasi Sistem Monitoring Donor Darah Pada UTD PMI Kabupaten Tasikmalaya Menggunakan Model Waterfall

Authors

  • Yusuf Sumaryana Teknik Informatika Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.36423/ide.v1i1.283

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi pada saat ini sangat pesat, sehingga manusia dalam mengerjakan setiap pekerjaan selalu membutuhkan komputer. Komputer memiliki peranan yang sangat vital dalam pemecahan masalah khusus dalam pengolahan data, karena komputer memiliki kecepatan tingkat akurasi yang tinggi dalam pemrosesan data, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia.Adanya sistem komputer sangat membantu dalam pemecahan masalah terutama dalam hal pengolahan data. Donor darah merupakan kegiatan yang dikelola oleh Lembaga bernama Palang Merah indonesia (PMI). dalam pelaksanaan pengolahan data berbagai hal bisa terjadi. Berbagai kesalahan sangat mungkin dilakukan oeh petugas, misalnya data yang sebagian besar berupa lembaran-lembaran catatan bisa saja rusak sebelum digunakan. Maka dalam hal ini diperlukan sebuah mekanisme yang bisa mencegah terjadinya kejadian-kejadian yang akan menghambat proses monitoring.Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan membangun sebuah sistem monitoring donor darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kab Tasikmalaya berbentuk aplikasi komputer. penelitian ini menggunakan model waterfall dalam penyusunannya. hasil dari penelitian ini berupa perancangan aplikasi monitoring donor darah PMI.

References

P. M. K. R. I. N. 7 t. 2011, “peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 7 tahun 2011 tentang pelayanan darah,†permenkes, 2015.

P. M. K. R. I. N. 91 t. 2015, “peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 91 tahun 2015 tentang standar pelayanan transfusi darah,†permenkes, vol. 49, no. 23–6, 2015.

Hamzah, “Analisa dan rancang sistem informasi ketersediaan donor darah hidup,†J. Ilmu Teknol. Inf. Terap., vol. 1, no. 2, pp. 15–20, 2015.

K. B. Utomo, “Perancangan Sistem Informasi Bank Darah Hidup Untuk Mempercepat Penyediaan Calon Penyumbang Darah Dengan Ketepatan Yang Tinggi (Studi di PMI Kota Samarinda),†J. Inform. Mulawarman, vol. 5, no. 2, 2010.

T. H. Hari, “Perbandingan Waterfall Model Dan Metode Generik Dalam Manajemen Proyek Perangkat Lunak Sistem Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus: Man 1 Kota Lhokseumawe),†J. Ecotipe, vol. 3, no. 1, 2016.

V. Feladi and C. Lesmana, “Aplikasi Pengolah Data Pada LPK (Lembaga Pelatihan Kursus) Sheza Komputer Pontianak,†J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 4, no. 1, p. 60, 2018.

Downloads

Published

2019-11-02