Perancangan Aplikasi Audit Mutu Internal Pada Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Stmik Tasikmalaya Berbasis Web

Authors

  • Sarmidi Sarmidi STMIK Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/ide.v1i1.284

Abstract

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dipandang sebagai salah satu solusi untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia. SPMI di perguruan tinggi dimulai dengan penetapan beberapa dokumen meliputi kebijakan, standar, manual, serta dokumen formulir. STMIK Tasikmalaya sudah berupaya melaksanakan sesuai aturan SPMI yang berlaku. Hanya saja dalam pelaksanaanya tidak didukung oleh sistem informasi, sehingga proses sosialisasi dokumen tersebut belum efektif dan dapat mengakibatkan adanya keterbatasan akses bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Aplikasi dalam bentuk website memungkinkan akses yang mudah bagi siapa saja yang berkepentingan dengan dokumen SPMI. Penelitian ini damksudkan untuk membuat aplikasi audit mutu internal SPMI yang sanag dibutuhkan oleh pihak STMIK Tasikmalaya. Dengan adanya prototipe sistem informasi penjaminan mutu ini diharapkan dapat membantu pelaksanaan proses audit dalam rangka penerapan sistem penjaminan mutu bagi pihak sekolah tinggi dalam rangka peningkatan kualitas sekolah tinggi.

References

Buku Panduan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT). Dirjen Dikti. 2010

Buku Panduan Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) Bidang Akademik. Dirjen Dikti. 2006

Barclay, K & Savage, J. 2004. Object-Oriented Design with UML and Java. United States of America : Elseiver.

C. Laudon, Kenneth; & P. Laudon, Jane. 2010. Management Information Systems :Managing The Digital Firm. Eleventh Edition.New Jersey, United States of America : Pearson Prentice Hall.

Dennis, Alan; Wixom, Haley Barbara: &Tegarden, David. 2005. Systems Analysis and Design with UML V ersion 2.0 : An Object-Oriented Approach.Second Edition. United States of America : John Wiley & Sons, Inc.

Dokumen SPMI STMIK Tasikmalaya 2019.

Downloads

Published

2019-11-02