Penerapan Progressive Web Apps Pada Aplikasi Lowongan Pekerjaan Dosen Universitas Perjuangan

Authors

  • Chan Chan Bayu Bahari Teknik Informatika Universitas Perjuangan
  • Yusuf Sumaryana Teknik Informatika Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.36423/ide.v1i1.285

Abstract

Perkembangan teknologi website terus berkembang dengan cepat, pesat dan tidak bisa di bendung lagi. Salah satu teknologi perkembangan website ialah Progressive Web Apps (PWA)). PWA pertama kali diperkenalkan oleh google pada tahun 2015 sebagai salah satu teknologi website modern yang dapat berlaku seperti sebuah mobile application (aplikasi native). Sekarang ini informasi mengenai lowongan pekerjaan sangatlah dibutuhkan. Banyaknya keinginan untuk menjadi seorang dosen/pengajar di sebuah Universitas menjadi salah satu contohnya. Universitas yang memiliki banyak Program Studi namun masih kekurangan tenaga pengajar menjadi salah satu penyebabnya. Universitas Perjuangan merupakan salah satu Universitas yang bertempat di kota Tasikmalaya yang berada di bawah naungan Yayasan Universitas Siliwangi. Penelitian ini berfokus pada penyajian informasi lowongan pekerjaan dan menampung data pendaftaran dosen Universitas Perjuangan Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknologi Progressive Web Apps (PWA) dan menggunakan framework laravel. Metode pengembangan yang digunakan untuk aplikasi lowongan pekerjaan dosen Universitas Perjuangan adalah metode waterfall. metode waterfall memiliki tahapan yang dimulai dari requirement definition, system and software design, implementation and unit testing, integration and system testing dan operation and maintenance.

References

Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 227.

Kurniawan, A., Areni, I. S., & Achmad, A. (2017). Implementasi Progressive Web Application pada Sistem Monitoring Keluhan Sampah Kota Makassar. Jurnal JPE, 21(02), 34–38.

Kurniawan, A.R. (2018). (SKRIPSI) “Penerapan Progressive Web Apps Pada Aplikasi Lowongan Pekerjaan dengan Teknologi Service Worker (Studi Kasus Akakom Carrer Center )†Teknik Informatika. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Akakom YOGYAKARTA.

Sari, N. P., Kurniadi, D., & Irfan, D. (2018). Sistem Informasi Reservasi Fasilitas Universitas Negeri Padang Berbasis Framework Laravel. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 6(2).

Santoso, Hendra. (2019). Membangun Aplikasi Mobile dengan PROGRESSIVE WEB APP (PWA). Yogyakarta: Lokomedia

Wibowo, granodio. (2017). Perancangan Kuisioner Evaluasi Berbasis Mobile Web Application Menggunakan PWA. (Skripsi). Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah. Malang

Downloads

Published

2019-11-02