Pengembangan Sistem Informasi Layanan Bimbingan Akademik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.36423/ide.v1i1.286Abstract
Layanan bimbingan akademik maupun non akademik sangat penting untuk kemajuan pada tiap individu mahasiswa. Layanan bimbingan berpengaruh pada motivasi belajar mahasiswa dan peningkatan Indeks Prestasi mahasiswa. Universitas Perjuangan Tasikmalaya menyediakan layanan bimbingan bagi mahasiswa, namun berjalan tidak efektif. Perlu ada rekam jejak bimbingan mahasiswa agar perkembangan bisa terkontrol kearah yang lebih baik. Pengembangan sistem informasi layanan bimbingan merupakan solusi dari permasalahan yang terkait dengan bimbingan akademik bagi mahasiswa Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Sistem informasi yang akan dikembangkan berbasis web yang dapat diakses oleh dosen maupun mahasiswa dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pangkalan data. Proses pengembangannya meliputi beberapa tahap yaitu pertama, analisis kebutuhan adalah melakukan analisa terhadap sistem yang sudah berjalan. Kedua, perancangan yaitu melakukan perancangan awal atau mendesain sistem yang akan dibuat. Ketiga, implementasi yaitu melakukan penerapan dengan melakukan coding terhadap desain yang telah dirancang. Keempat, pengujian yaitu melakukan pengujian dengan sudut pandang pengembang sistem dan user (dosen dan mahasiswa) untuk diuji kehandalannya. Kelima, maintanence yaitu melakukan pemeliharan atau pengembangan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan sistem.References
E. Wahyuni, J. Nurihsan, and S. Yusuf, “Kesejahteraan Mahasiswa: Implikasi Terhadap Program Konseling Di Perguruan Tinggi,†Insight J. Bimbing. Konseling, vol. 7, no. 1, pp. 96–106, 2018.
H. E. Putro and S. Sugiyadi, “Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Regulated Learning,†JBKI (Jurnal Bimbing. Konseling Indones., vol. 3, no. 1, p. 1, 2018.
H. Pranoto, “LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT,†vol. 2, no. 1, pp. 87–112, 2018.
N. Norhikmah, “Perancangan Sistem Informasi Monitoring Dosen Wali Menggunakan ASP.NET Signal R,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 3, no. 3, p. 171, 2018.
I. Ifdil and Z. Ardi, “Konseling Online Sebagai
F. S. Handayani and M. P. Putri, “Perancangan Basis Data Instrumen Bimbingan Konseling Alat Ungkap Pemahaman Diri Siswa,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 4, no. 2, p. 128, 2018.
E. Noviana, O. Kurniawan, and M. N. Huda, “Pengembangan Aplikasi Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Website Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau,†J. Prim. Progr. Stuidi Pendidik. Guru Sekol. Dasar Fak. Kegur. dan Ilmu Pendidik. Univ. Riau, vol. 7, no. 1, pp. 112, 2018.
J. Nasir, “Sistem pakar konseling dan psikoterapi masalah kepribadian dramatik menggunakan metode forward chaining berbasis web,†RABIT (Jurnal Teknol. dan Sist. Inf. Univrab), vol. 3, no. 1, pp. 37–48, 2018.
B. Mulyatno and Z. D. Febriani, “PROTOTIPE PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI BIMBINGAN DAN KONSELING MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM ATTAHIRIYAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL DIAGRAM ALIR DATA,†vol. 4, no. 2, 2018.
A. A. Sofyan et al., “Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis SMS Gateway Dengan Metode SDLC ( System Development Life Cycle ),†vol. 6, no. 2, 2016.