Penerapan Dynamic System Development Method Pada Sistem Monitoring Status Gizi Balita

Authors

  • Tumini Tumini STMIK Cikarang
  • Sugiyanti Sugiyanti STMIK Cikarang

DOI:

https://doi.org/10.36423/ide.v2i1.426

Abstract

Kondisi gizi pada balita sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua. Agar para orang tua dapat mengetahui pertumbuhan tubuh serta kondisi gizi balita dan mencegah resiko yang memungkinkan terjadi jika balita mengalami ganguan terhadap gizinya terutama di Posyandu Seruni 11. Pentingnya orang tua mengetahui status gizi balita dengan mudah maka diperlukan suatu sistem yang mudah di akses untuk mengetahui status gizi balita. Maka tujuan penelitian ini adalah membuat suatu sistem menggunakan metode Dynamic System Development Method (DSDM) dan framework CodeIgniter yang memudahkan petugas ataupun orang tua untuk mengetahui status gizi balita dengan cepat dan mudah di akses. Pengimplementasian sistem dibagi untuk bagian admin atau petugas dari posyandu Seruni 11 dan untuk orang tua balita atau user. Pada pengujian uji kelayakan kuesioner didapatkan hasil pengujian berupa nilai 73,80 % untuk menu admin dan 91,51% untuk menu user. Hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sistem ini layak untuk digunakan.

References

Iman Soleh M, Pengembangan Aplikasi Posyandu Berbasis Web, Jurnal Evolusi, 2017

Kurnia, R. POSYANDU : Pedoman Pelaksanaan Posyandu, Kesehatan Masyarakat Desa dan Kelurahan, Bee Media Pustaka, Jakarta Timur, 2019

Mardalena, I. Dasar-Dasar Ilmu Gizi dalam Keperawatan, PUSTAKA BARU PRESS, klaten, 2017

Mega Orina Fitri, “Aplikasi Monitoring Perkembangan Status Gizi Anak dan Balita secara Digital dengan Metode Antropometri Berbasis Androidâ€, Jurnal Instek, Makassar, 2017.

Mulyono dan Yumari. Strategi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan anggaran, Deepublish, Yogyakarta, 2017

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML, Informatika Bandung, Bandung, 2018

Rati Dwi Sanitari, “Sistem Monitoring Tumbuh Kembang Anak usia 0-5 Tahun Berbasis Androidâ€, Jurnal Rekursif, Bengkulu, 2017.

Sarosa, S. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi, Indeks Jakarta Jakarta, 2017

Sidik, Membangun Pemrograman Berbasis WEB dengan Berbagai Kemudahan & Fasilitas CodeIgniter 3, Informatika Bandung, Bandung, 2018

Sophan, M. K.

Pengembangan Codeigniter

Aplikasi Web Konsep dan

Menggunakan

Inplementasi, Deepublish, Yogyakarta, 2016

Downloads

Published

2021-08-02