Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Menggunakan Metode Min-Max Untuk Pengendalian Stok Bahan Baku Pada CV. Bidara Karya Gemilang

Authors

  • Hadi Apryana Informatika, Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung
  • Tacbir Pudjiantoro Hendro Informatika, Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung
  • Asep Id Hadiana Informatika, Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36423/ide.v2i1.444

Abstract

CV.Bidara Karya Gemilang adalah perusahaan bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi  pakaian jadi untuk dijual dan menerima order pesanan dalam pembuatan baju dalam partai besar ataupun kecil. Dalam pengelolaan bahan baku yang terjadi mengalami perbedaan antara pembukuan dengan bahan baku yang ada di lapangan sehingga dapat mengakibatkan terhambatnya proses produksi terhadap order pesanan, serta bertambahnya beban proses produksi yang tinggi menyebabkan kesulitan dalam mengontrol proses produksi yang sedang berjalan karena setiap divisi sering telambat dalam memberikan informasi. Dengan menggunkan konsep Supply Chain Management diharapkan dapat Mengolah data order pesanan, memberikan informasi bahan-baku yang akurat, dan perencanaan produksi yang tepat, dengan memanfaatkan 2 tahapan scm yaitu midstream dan downstream. Metode Min-Max juga diharapkan dapat membantu untuk mengetahui batas maximum dan minimum bahan baku produksi dengan melakukan perhitungan pada periode tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pada penelitian ini metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan ini yakni waterfall untuk menghasilkan aplikasi yang lebih berkualitas. Hasil penelitian ini berupa sistem yang dapat memberikan informasi seputar order pesanan, batas maximum dan minimum bahan baku, penjadwalan produksi , dan laporan produksi yang berupa hasil produksi.

References

A. P. Kinanthi, D. Herlina, and A. Mahardika, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Min-Max ( Studi Kasus PT . Djitoe Indonesia Tobacco ),†vol. 15, no. 2, pp. 87–92, 2016.

S. Anwar, “Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management) : Konsep Dan Hakikat,†J. Din. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 92–98, 2011.

L. Rahmasari, “Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja perusahaan dan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Industri Kreatif di Provinsi Jawa Tengah),†Maj. Ilm. Inform., vol. 2, no. 3, pp. 89–103, 2011.

E. Ruauw, “Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Contoh Pengendalian pada usaha Grenda Bakery Lianli, Manado) Eyverson Ruauw,†Ase, vol. 7, no. 1, pp. 1–11, 2011.

C. K. Yedida and M. M. Ulkhaq, “Perencanaan Kebutuhan Persediaan Material Bahan Baku Pada CV Endhigra Prima dengan Metode Min-Max,†Perenc. Kebutuhan Persediaan Mater. Bahan Baku Pada CV Endhigra Prima dengan Metod. Min-Max, vol. 6, no. 1, 2017.

R. Sastra, “Metode Pengembangan Perangkat Lunak Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Learning,†IJSE – Indones. J. Softw. Eng. Metod., vol. 3, no. 1, pp. 27–33, 2017.

Downloads

Published

2021-08-02