Sistem Informasi Pengolahan Data Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter

Authors

  • Moh Subli Universitas Teknologi Mataram
  • Rudi Muslim
  • Zaenudin Zaenudin
  • Almira Nadriati

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v3i2.835

Keywords:

Sistem Informasi, Website, Rumah Makan, Codeigniter, Waterfall, UML

Abstract

Rumah Makan Remaja Indah adalah tempat yang menyediakan menu makanan dan minuman kepada para pelanggan sesuai dengan harga yang sudah ditentukan. Namun, pada saat ini, pengelolaan informasi masih menggunakan sistem manual yaitu pencatatan pesanan menggunakan buku dan bolpoint yang mengakibatkan kesulitan mengelola pesanan seperti menentukan siapa yang lebih dulu memesan makanan dan juga jarak tempuh yang lumayan lama bagi pelanggan untuk memesan makanan, dimana pelanggan harus mendatangi Rumah Makan untuk memesan makanan yang akan dibeli. Tujuan dari sistem informasi ini, untuk melakukan pengolahan data pemesanan makanan dan minuman berbasis website pada Rumah Makan Remaja Indah. Sistem informasi ini dibangun menggunakan framework codeigniter 4, metode pengembangan software yaitu waterfall, dan UML (Unified Modelling Language) sebagai pemodelan dalam perancangan sistem. Hasil penelitian ini, peneliti dapat menganalisis kebutuhan, merancang dan membangun website rumah makan dan minuman menggunakan codeigniter versi 4. Adanya sistem informasi pemesanan makanan dan minuman ini, dapat memperluas pemasaran serta dapat memudahkan proses pemesanan menu dan transaksi.

References

B. T. S. Kurniawan, “Kurniawan, T. Bayu, S. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan My.SQL. Journal of Chemical Information and.â€

T. Handayani, I. Gunawan, and R. Taufiq, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MENU MAKANAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS: RESTORAN BUKIT RANDU BANDARA) Penulis Korespondensi.†[Online]. Available: http://www.jurnal.umk.ac.id/sitech.

Z. R. Saputri, A. Nur Oktavia, L. S. Ramdhani, and A. Suherman, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS WEB PADA CAFE SURABIKU.â€

H. Wijoyo, “Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Di Rumah Makan Putri Minang Jaya,†JS (Jurnal Sekolah) Univ. Negeri Medan, vol. 3, no. 3, pp. 214–224, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.24114/js.v3i3.14761.

D. Gunawan, D. Puji, R. Andriani, and Susafa’ati, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Restoran Caki Cake Karawang,†J. AKRAB JUARA, vol. 2018, no. 1–10, pp. 1–18, 2018.

R. Rosmitalia and M. Kadafi, “Sistem Pemesanan Makanan di Rumah Makan Palapa Indah Berbasis Web Service Menggunakan Mobile Android,†2016.

Downloads

Published

2021-11-30