Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC)

Authors

  • Muhammad Fauzan Febriansyah Teknik Informatika, Universitas Perjuangan
  • Yusuf Sumaryana Teknik Informatika, Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v3i2.838

Abstract

Aplikasi Media Pembelajaran Kelas 1 SD Berbasis Multimedia dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) merupakan aplikasi pembelajaran yang menyajikan materi kelas 1 SD tema 5: Pengalaman Subtema 1 Pengalaman Masa Kecil, sehingga memberikan metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS6 Professional yang dilengkapi dengan animasi gambar, suara dan video, ditambah dengan konten kuis dan game untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dengan lebih menyenangkan. Dalam dunia pendidikan, untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa diperlukan suatu media pembelajaran tertentu. Media pembelajaran berguna untuk menarik minat siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan. Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah media pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Hasil penelitian didapatkan persentase 92,92% serta hasil representasi “Sangat Baik”, sehingga aplikasi yang dikembangkan efektif dalam membantu proses pembelajaran.

References

S. Lestari, “PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI,” vol. 2, no. 2, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

H. Sulistyanto and A. Nugroho, “Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Pada Manusia Berbasis Web,” pp. 35–38, 2015.

A. Puspa and D. Adinoto, “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Pengolahan Sampah Untuk Anak Sd Kelas 1 Angelia Puspa Dewi Adinoto,” vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2015.

S. A. Khairunnisa, “Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Tema 4 ‘ Keluargaku ’ Untuk SD Kelas 1 ‘ Studi Kasus : SDN Utama Mandiri 1 Cimahi ,’” 2018.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Jurnal Online Informatika, vol. 2, no. 2, p. 121, Jan. 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

F. A. Bakhtiar, “Pengembangan Aplikasi Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar,” Mimbar Sekolah Dasar, vol. 5, no. 1, p. 16, Apr. 2018, doi: 10.17509/mimbar-sd.v5i1.9363.

Yuli Sectio Rini, “PENDIDIKAN: HAKEKAT, TUJUAN, DAN PROSES.”

E. Yosrita and R. Cahyaningtyas, “Penerapan Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo Pada Pengembangan Aplikasi Simulasi Untuk Menghitung Determinan Matrik.”

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology, vol. 3, no. 1, 2018.

A. Pandhu Dwi Prayogha and M. Riyan Pratama, “Implementasi Metode Luther Untuk Pengembangan Media Pengenalan Tata Surya Berbasis Virtual Reality,” 2020.

Downloads

Published

2021-11-30