PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 25 BARINGIN

Authors

  • Anisa nisa Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Sunarti Sunarti Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i2.2204

Keywords:

Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Minat Membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integreated Reading and Composition (CIRC) terhadap minat membaca peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-ekperimental dengan desain one group pretest posttest design yang mana dalam proses penelitian hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel dengan tahapan penelitian yaitu diberikan pretest untuk mengukur minat membaca peserta didik sebelum diberikan perlakukan. Selanjutnya diberikan posttest setelah diberikan perlalukuan dengan model Cooperative Integreated Reading and Composition (CIRC). Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN 25 Baringin sebanyak 19 orang peserta didik. Teknik pemilihan sampel yaitu teknik total sampling artinya seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data meggunakan angket. Berdasarkan perhitungan dengan uji “t”diperoleh hasil diperoleh 0,000 < 0,05,. ”, maka diperoleh kesimpulan bahwa diterima dan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Cooperative Integreated Reading and Composition (CIRC) terhadap minat membaca peserta didik kelas V SDN 25 Baringin”.

Kata Kunci: Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Minat Membaca.  

References

Chairilina, A. (2016). Pengaruh Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Sma Negeri 12 Kota Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah.

Lestari., T,. M. (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Komik terhadap Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 8(5). 3917-3923.

Slavin, Roberto E. (2010). Cooperative Learning Teori. Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Solahudin, D. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. 4(4).

Suparlan (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dasar. 4(2). 245-258

Utami, R. D., Wibowo, D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. 4(1), 179–189.

Zulaini., R., Amalia., D & Syakikah., E. (2023). Peranan Media Gambar dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Sisiwa Kelas 1. Jurnal Pendidikan dan sosial budaya. 4(5), 981-992.

Ratu Bangsawan, I. P. (2018). MINAT BACA SISWA.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

nisa, A., & Sunarti, S. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 25 BARINGIN. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 4(2), 71–85. https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i2.2204