UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i1.2333Keywords:
Group investigation, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran, meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran IPA tentang sifat-sifat benda di kelas V SD Negeri 3 Sodong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis&Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 3 Sodong tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 28 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perencanaan pembelajaran pada siklus 1 mencapai 78,1% dan siklus II mencapai 95,3%, aktivitas guru dalam mengelola proses pembelajaran pada siklus 1 yaitu 84,3%, meningkat pada siklus II yaitu 96,8%. Sementara ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I mencapai 35,7% dari seluruh peserta didik yang mencapai KKM dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sifat-sifat benda pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sodong Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya.
Kata Kunci: Group investigation, hasil belajar
References
Herawati, dkk. (2013). Perbedaan prestasi belajar Snowball Throwing dan Talking Stick mata pelajaran geografi. Jurnal Penelitian Geografi.
Husna. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang.
Julianto. (2018). Pengaruh model PBL berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan pengambilan keputusan mata pelajaran IPA kelas V. Jurnal PGSD, 280–290.
Junisa, A. (2016). Pengaruh model Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS di SD. Jurnal Pendidikan Dasar.
Karmilah. (2020). Pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. NU Matholiul Huda Kedungsari Gebog Kudus [Skripsi]. IAIN Kudus.
Kasbolah, K. (2012). Penelitian tindakan kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.
Melati, H. A. (2017). Peningkatan efektifitas dan hasil belajar siswa melalui strategi True Or False berbantuan media flash. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Nashuri. (2017). Kefektifan pembelajaran Snowball Throwing berbantuan lembar kegiatan siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 20–25.
Reski, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika [Undergraduate thesis]. UIN Raden Intan Lampung.
Tim Pelatih Proyek PGSM. (2012). Penelitian tindakan kelas. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.