Kandungan Neutral Detergent Fibre (NDF), Acid Detergent Fibre (ADF), Hemiselulisa, Selulosa dan Lignin Onggok yang Difermentasi Trichoderma reesei dengan Suplementasi N, S, P

Penulis

  • Pramisti Wildany Putri Diponegoro University
  • Surahmanto Surahmanto Diponegoro University
  • Joelal Achmadi Diponegoro University

DOI:

https://doi.org/10.36423/baar.v2i1.227

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan Neutral Detergeni Fibre (NDF), Acid Detergent Fibre (ADF), hemiselulosa, selulosa dan lignin onggok yang difermentasi Trichoderma ressei dengan suplementasi N, S, P. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari T0 (onggok + NSP + T. reesei 1,5% 0 day incubation), T1 (onggok + NSP + T. reesei 1,5% 2 days incubation), T2 (onggok + NSP + T. reesei 1,5% 4 days incubation), T3 (onggok + NSP + T. reesei 1,5% 6 days incubation). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis of variance (ANOVA), apabila terdapat pernedaan nyata maka dilanjutkan menggunakan uji Duncan. Parameter yang diamati yaitu kandungan NDF, ADF, hemiselulosa, selulosa dan lignin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fermentasi onggok menggunakan Trichoderma reesei dengan suplementasi N, S, P berpengaruh nyata terhadap kandungan NDF, selulosa dan lignin (P<0,05) namun tidak berpengaruh terhadap kandungan ADF dan hemiselulosa (P>0,05). Kata Kunci : NDF, ADF, Hemiselulosa, Selulosa

Biografi Penulis

Pramisti Wildany Putri, Diponegoro University

Faculty of animal and agricultural sciences

Referensi

Ari, I. N., S. Tantalo dan Liman. 2014. Survei sifat fisik dan kandungan nutrien onggok terhadap metode pengeringan yang berbeda di dua Kabupaten Provinsi Lampung. J. Ilmiah Peternakan Terpadu. 2(2) : 58-62.

Crampton, E. W. Dan L. E. Haris. 1969. Applied Animal Nutrition 1st Ed. The Engsminger Publishing Company. California, USA.

Djaya, M. S., S. Dharmawati dan A. Nursalam. 2016. Tingkat penggunaan Trichoderma sp dalam fermentasi pelepah sawit terhadap kandungan lignin, adf dan ndf pada lama penyimpanan yang berbeda. J. Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Hasnur. 2(2) : 67-72.

Fransistika, R., N. Idiawati dan L. Destiarti. 2012. Pengaruh waktu fermentasi campuran Trichoderma neesei dan Aspergillus Niger terhadap kandungan protein dan serat kasar ampas sagu. J. Kajian Komunikasi. 1(1) : 35-39.

Hatta, U., O. Sjofjan dan B. Sundu. 2014. Pengaruh fermentasi kombinasi jamur Plourotus ostreatus dengan Trichoderma viridae terhadap kandungan nutrien dan aktivitas enzim selulase bungkil kopra. J. Ilmu-Ilmu Peternakan 24(2) : 20-30.

Jaelani, A. W. G. P., Suharyadi dan I. Rahayu. 2008. Hidrolisis bungkil inti sawit (Elaeis guneensis Jacq) oleh kapang Trichoderma reesei sebagai pendegradasi polisakarida mannan. Animal Production. 10(1) : 42-49.

Naufala, W. A., dan Pandebesie, E. S. 2015. Hidrolisis eceng gondok dan sekam padi untuk menghasilkan gula reduksi sebagai tahap awal produksi bioetanol. J. Teknik ITS. 4(2) : 109-113.

Pielhop, T., G. O. Larrazabar, M. H. Studer, S. Brethauer, C. M. Seidal dan P. R. Von Rohr. 2015. Lignin repolymerisation in spruce autohydrolysis pretreatment increase cellulase deactivation. Green Chemistry Article Online Journal.

Safaria, S., N. Idiawati dan T. A. Zaharah. 2013. Efektivitas campuran enzim selulase dari Aspergillus niger dan Trichoderma reesei dalam menghidrolisis substrat sabut kelapa. J. Kimia Khatulistiwa. 2(1) : 46-51.

Setiawan, G., T. Dhalika dan Mansyur. 2016. pengaruh penambahan mikroba lokal (MOL) terhadap kadar neutral detergent fiber dan acid detergent fiber pada ransum terfermentasi. J. Unpad. 3(2) : 1-11.

Steel, R. G. D. dan Torrie, J. H. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Pendekatan Biometrik. Catatan Ke-4. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta (Diterjemahkan Oleh B. Sumantri).

Sukarti, E., B. Sulistiyanto dan S. Mukodiningsih. 2012. Kualitas serat limbah pertanian dan hasil samping pertanian yang difermentasi dengan Aspergilus niger pada aras dan lama pemeraman yang berbeda. J. Animal Agriculture. 1(2) : 77-85.

Van Soest P. J. 1982. Nutritional Ecology of the Ruminant : Ruminant Metabolism, Nutritional Strategies the Cellulolytic Fermentation and the Chemistry of Foragesand Plant Fibers. Cornell University O & B Books Inc. USA.

Wijayanti, D. K., C. Lestari dan M. T. Mulyanto. 2012. Pengaruh overliming pada pembuatan etanol dari limbah pabrik tepung tapioka (onggok) dengan hidrolisis asam dan enzim. J. Teknik POMITS. 1(1) : 1-3.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-04-25