ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR TERHADAP KETERSEDIAAN RUANG PARKIR UNIVERSITAS PERJUANGAN KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Irir Nurhidayat Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indonesia
  • Agi Rivi Hendardi Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indonesia
  • Farhan Sholahudin Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/jitsi.v2i1.806

Abstract

Abstract— Tasikmalaya Perjuangan University continues to experience develoments both in terms of facilities and infrastructure as well as the number of students which increases in the number od students. In the parking area of the Perjuangan University, there are 43 SRP cars and 442 SRP motorbaikes. Meanwhile, based on the calculation reference guidlines for planning and opration parking facilites of the Directorate General of Land Transportation, 1998 for cars of 89 SRP and motorcycles of 741 SRP. So that a parking logic is needed using the Kardon parking method according to the 1998 Directorate General of Land Transportation Guidelines and data analysing using the Hoobs 1995 formula. The parking space reqiurement is the result of the survey for 4 days with a duration of 9.5 hours, all data can park a maxsimum of 102 cars with a turnover 2.37 time a day and 535 motorbaikes with 1.21 turnovers a day. With growth in data on the number of students an ilustration of the need for parking space for the next 5 years in the volume of cars 234 with more than 5 turn a day and motorbaikes of 1224 vehcles with more than 2.77 turn over a day. The needs of Higher Education SRP are grouped into two gropus, namely workes,lectures,teachers who wrok in collages that are relatively long times parking and students who are relatively shotrt time so that people with disabilities can meet the needs of car parking that do not meet the need to open a new parking area or repair arragment of the parking area while for motorbaikes according to the reference value of the Directorate General of Land Transportation, 1998 the avilable SRP needs do not meet, while the filed analysis can still fulfil fot the next 5 years seen from the trum over which reaches 2.77 a day. Keywords — Parking Implementation, Transportatin Mode Selection. Abstrak— Universitas Perjuangan Tasikmalaya terus mengalami perkembangan baik dari segi sarana dan prasarana maupun jumlah mahasiswa yang meningkat sebesar 18% pertahunnya. Sehingga kebutuhan akan ruang parkir akan berbanding lurus dengan peningkatan jumlah mahasiswa. Di area lahan parkir Universitas Perjuangan yang tersedia untuk mobil sebesar 43 SRP dan motor 442 SRP. Sedangkan berdasarkan acuan perhitungan Pedoman Perencanaan dan Pengoprasian Fasiltas Parkir Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1998 untuk mobil sebesar 89 SRP dan Motor 741 SRP. Sehingga diperlukan identifikasi karakteristik parkir dengan menggunakan metode parkir sesuai Pedoman Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1998 dan anlisis data menggunakan rumus Hoobs 1995. Kebutuhan ruang parkir hasil dari survei selama 4 hari dengan durasi 9.5 jam perhari di dapat volume parkir tertinggi mobil sebesar 102 Kendaraan dengan turnover 2,37 kali perhari dan Motor sebesar 535 kendaraan dengan turnover 1,21 kali perhari. Dengan data pertumbuhan jumlah mahasiswa pertahun gambaran kebutuhan ruang parkir untuk 5 tahun kedepan yaitu Volume mobil sebesar 234 kendaraan dengan turn over 5 kali perhari dan motor sebesar 1224 kendaraan dengan turn over 2,77 kali perhari. Kebutuhan SRP Perguruan Tinggi dikelompokan dalam dua kelompok yaitu pekerja/dosen/guru yang bekerja di perguruan tinggi yang relatif parkir jangka panjang dan mahasiswa yang relatif parkir jangka pendek sehingga dapat disimpulkan untuk kebutuhan parkir mobil sudah tidak bisa memenuhi harus membuka lahan parkir baru atau adanya perbaikan penataan area parkir sedangkan untuk sepeda motor sesuai nilai acuan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1998 kebutuhan SRP yang tersedia tidak memenuhi sedangkan analisis dilapangan masih bisa memenuhi selama 5 tahun kedepan dilihat dari turn over yang mencapai 2,77 perhari. Kata kunci — Karakteristik Parkir, Pemilihan Moda Transportasi.

Published

2022-11-17

How to Cite

Nurhidayat, I., Hendardi, A. R. ., & Sholahudin, F. (2022). ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR TERHADAP KETERSEDIAAN RUANG PARKIR UNIVERSITAS PERJUANGAN KOTA TASIKMALAYA. JITSi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.36423/jitsi.v2i1.806