Implementasi Sistem Informasi Penjualan Dan Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Bunga Ming Art

Authors

  • Apit Priatna STMIK Rosma
  • Arif Maulana Yusuf STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v3i2.820

Keywords:

Toko Bunga, Website, SDLC, penjualan, Pemasaran

Abstract

Toko bunga Ming Art mnyediakan berbagai macam produk bunga hias dan Event Décor, frame serta pelayanan pengiriman sampai ketempat pemesan. Pemesan melalui telephon atau langgsung datang ke showroom Min Art. Pelanggan yang memesan melalui telephone, biasanya merupakan pelanggan yang telah menpunyai katalog Ming Art, dengan cara menyebutkan model rangkai yang dipesan dan sedikit memberikan informasi tambahan apabila tipe bunga yang dipilih lebih khusus. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode analisa dan metode perancangan.metode analisa meliputi analisa organisasi system yang berjalan analisa masalah dan solusi. Sedangkan metode perancangan digunakan untuk melakukan  perancangan system yang mencakup perancangan struktur menu, state transition diagram, rancangan proses serta masukan dan keluaran database. Berdasarkan pengamatan yang  penulis telah lakukan masih adanya permasalahan yang menyangkut sistem pemasaran dan penjualannya. Seperti  media promosi, informasi, pemasaran, dan penjualan. Dalam pelayanan yang kurang cepat dan tepat waktu, Apabila hal ini tidak diatasi dengan segera dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan dan hilangnya kepecayaan pelanggan kepada Ming Art. Berdasarkan permasalahan tersebut diatas, penulis berpendapat bahwa untuk mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut, perlu dirancang dan diimplementasikan suatu system yang terintregrasi antar fungsi-fungsi yang berkait dalam perusahaan, dengan mengunakan database, berbasis Web Site. Dengan penerapan system ini diharapkan akan dapat bermanfaat bagi perusahaan dalam operasionalnya dimasa akan datang.

References

D. Fitrianah and Y. G. Sucahyo, “AUDIT SISTEM INFORMASI/TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN KERANGKA KERJA COBIT UNTUK EVALUASI MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS XYZ,†J. Sist. Inf., 2012.

A. Priatna and A. M. Yusuf, “PENGEMBANGAN INTEGRATED SYSTEM ARCHITECTURE DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM (Studi kasus : PT XWZ),†J. Interkom, 2020.

A. M. Yusuf, H. Hasmizal, and N. Dini, “Sistem Informasi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Berbasis Vb.Net Pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri Karawang,†J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., 2021.

D. Nuryanti and R. Suprantiningrum, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Piutang Dan Penerimaan Kas (Studi Kasus pada UD.Praktis di Magetan),†J. Ilm. UNTAG Semarang, 2016.

Neneng Nurmalasari and I. Masitoh, “Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial,†Jurnal.Unigal.Ac.Id, 2020.

A. Maulana and Y. K. Suhada, “Perancangan Aplikasi Repository Intranet Pada Laboratorium Komputer Kampus A STMIK Rosma,†Infoman’s, 2018.

J. Sadiah, I. Indaryono, and A. M. Yusuf, “Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Berbasis Vb.Net Pada PT BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) SANGGABUANA AGUNG KARAWANG,†J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., 2021.

A. M. Yusuf and B. Permana, “Perencanaan Arsitektur Sistem Terintegrasi Dengan Menggunakan Togaf Adm (Studi Kasus: Yayasan Pendidikan Rosma),†J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., 2019.

I. A. Mastan and M. M. Tyo, “Perancangan Aplikasi Pengelolaan Kepegawaian Berbasis Web Di PT. Traders Family International,†JBASE - J. Bus. Audit Inf. Syst., 2020.

D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,†J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, 2018.

D. Prijatna, H. Handarto, and Y. Andreas, “RANCANG BANGUN PEMBERI PAKAN IKAN OTOMATIS,†J. Teknotan, 2018.

A. Priatna and A. M. Yusuf, “Pengembangan Integrated System Architecture Dengan Menggunakan Framework Togaf Adm (Studi kasus : PT XWZ),†J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., 2020.

Published

2022-01-13