MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V

Authors

  • Annisatil Khairah Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Yufi Latmini Lasari Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i2.2203

Keywords:

Model Inside Outside Circle, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-ekperimental dengan desain one gruop pretest posttest design yang mana dalam proses penelitian hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel dengan tahapan penelitian yaitu diberikan pretest untuk mengukur pemahaman siswa sebelum diberikan perlakukan. Selanjutnya diberikan posttest setelah diberikan perlalukuan dengan model Inside Outside Circle. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDI Al-Azhar Muhammadiyah Simabur sebanyak 27 orang siswa. Teknik pemilihan sampel yaitu teknik total sampling artinya seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data meggunakan intrumen tes. Berdasarkan perhitungan dengan uji “t”diperoleh hasil diperoleh  -0,980 < 0,05. ”, maka diperoleh kesimpulan bahwa  diterima dan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Model inside outside circle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Al-Azhar Muhammadiyah”.

Kata Kunci: Model Inside Outside Circle, Hasil Belajar.  

References

Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–19.

Damanik, B. (2022). Pengaruh Strategi inside outside circle Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS), 2(1), 32–40.

Djafar, S., S, P., Hafsyah, S, R., & Firdiani, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle ( IOC ) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMAN 2 Enrekang. Journal on Education, 06(01), 2129–2138.

Febriani, M. (2021). IPS dalam pendekatan kontruktivisme (studi kasus budaya melayu jambi). Jurnal Pendidikan Nonformal, 07(01), 61–66.

Frima, A., & Firduansyah, D. (2022). Penerapan Strategi Inside Outside Circle dengan Menggunakan Media Kartu Gambar pada Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Remban, 2.

Rahman, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik SDN 008 Camba – Camba Kabupaten Polewali Mandar. Phinisi Integration Review, 2(1), 055.

Saputri, R., Darmiany, D., & Nisa, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 623–628.

Simanihuruk, A., Simanihuruk, L., & Jannah, M. (2021). Pengaruh Strategi Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Subsidi Swakarya. Junal Sekolah PGSD, 5(2), 26–32.

Slameto(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Annisatil Khairah, & Yufi Latmini Lasari. (2024). MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V . PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 4(2), 57–70. https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i2.2203

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.