MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i2.2203Keywords:
Model Inside Outside Circle, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-ekperimental dengan desain one gruop pretest posttest design yang mana dalam proses penelitian hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel dengan tahapan penelitian yaitu diberikan pretest untuk mengukur pemahaman siswa sebelum diberikan perlakukan. Selanjutnya diberikan posttest setelah diberikan perlalukuan dengan model Inside Outside Circle. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDI Al-Azhar Muhammadiyah Simabur sebanyak 27 orang siswa. Teknik pemilihan sampel yaitu teknik total sampling artinya seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data meggunakan intrumen tes. Berdasarkan perhitungan dengan uji “t”diperoleh hasil diperoleh -0,980 < 0,05. ”, maka diperoleh kesimpulan bahwa diterima dan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Model inside outside circle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Al-Azhar Muhammadiyah”.
Kata Kunci: Model Inside Outside Circle, Hasil Belajar.
References
Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–19.
Damanik, B. (2022). Pengaruh Strategi inside outside circle Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS), 2(1), 32–40.
Djafar, S., S, P., Hafsyah, S, R., & Firdiani, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle ( IOC ) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMAN 2 Enrekang. Journal on Education, 06(01), 2129–2138.
Febriani, M. (2021). IPS dalam pendekatan kontruktivisme (studi kasus budaya melayu jambi). Jurnal Pendidikan Nonformal, 07(01), 61–66.
Frima, A., & Firduansyah, D. (2022). Penerapan Strategi Inside Outside Circle dengan Menggunakan Media Kartu Gambar pada Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Remban, 2.
Rahman, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik SDN 008 Camba – Camba Kabupaten Polewali Mandar. Phinisi Integration Review, 2(1), 055.
Saputri, R., Darmiany, D., & Nisa, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 623–628.
Simanihuruk, A., Simanihuruk, L., & Jannah, M. (2021). Pengaruh Strategi Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Subsidi Swakarya. Junal Sekolah PGSD, 5(2), 26–32.
Slameto(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.