PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 5 PELAJARAN IPAS
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i2.2276Keywords:
Project Based Learning (PjBL), Berpikir Kreatif, Karakter Religius.Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan karakter religius peserta didik kelas 5 Sekolah Dasar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Model Project Based Learning (PjBL) tersebut berupa proyek dimana peserta didik dapat terlibat dalam kegiatan belajar dalam menyelesaikan proyek nyata. Proyek tersebut tidak hanya melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi, tetapi juga membentuk nilai karakter religius. Penelitian yang diambil oleh peneliti yaitu penelitian dengan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen dan desain posttest only control group, dengan menggunakan sampel penelitian di kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), sedangkan di kelas kontrol hanya menggunakan model pembelajaran direct learning. Instrumen angket dan soal tes dalam penelitian ini digunakan oleh peneliti guna melihat kemampuan berpikir kreatif dan karakter religius peserta didik. Dapat disimpulkan, bahwa analisis data yang diperoleh selama proses penelitian yaitu kelas yang belajar menggunakan model Project Based Learning (PjBL), memiliki keterampilan berpikir kreatif dan karakter religius yang tinggi dibanding kelas yang hanya menggunakan model direct learning.
Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Berpikir Kreatif, Karakter Religius.
References
Abdurahman, A., Sri Afira Ruhyadi, S. G., & Binasdevi, M. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD. Al-Ibanah, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.107
Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904. ttps://doi.org/10.31004/ basicedu.v7i6.6623
Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Firdaus, M., Anzhani, V. A., & Guru, P. P. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065–5077. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13163
Nadhifah, Z. L., Khoiri, A., & Fatiatun. (2024). Model Pembelajaran Pjbl-Stem Terintegrasi Islam Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Menanamkan Karakter Religius Siswa. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 178–185. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1082
Patoni, M. R., Ayu, D., Putri, A., & Asriyanti, F. D. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil. 4(1), 26–37. https://ejournal.papanda.org/index.php/pjmsr/article/view/1075
Salsabila, A. (2024). Meningkatkan motivasi dan karakter wasaka menggunakan model. 09(September). https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17711
Utami Azzahra, Fitri Arish, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. Biodik, 10(2), 156–161. Https://doi.org/10. 22437/ biodik.v10i2.33827
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.