PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 5 PELAJARAN IPAS

Authors

  • Irmayatus Saadah Universitas Bhinneka PGRI
  • Dya Ayu Agustiana Putri Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i2.2276

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Berpikir Kreatif, Karakter Religius.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan karakter religius peserta didik kelas 5 Sekolah Dasar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Model Project Based Learning (PjBL) tersebut berupa proyek dimana peserta didik dapat terlibat dalam kegiatan belajar dalam menyelesaikan proyek nyata. Proyek tersebut tidak hanya melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi, tetapi juga membentuk nilai karakter religius. Penelitian yang diambil oleh peneliti yaitu penelitian dengan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen dan desain posttest only control group, dengan menggunakan sampel penelitian di kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), sedangkan di kelas kontrol hanya menggunakan model pembelajaran direct learning. Instrumen angket dan soal tes dalam penelitian ini digunakan oleh peneliti guna melihat kemampuan berpikir kreatif dan karakter religius peserta didik. Dapat disimpulkan, bahwa analisis data yang diperoleh selama proses penelitian yaitu kelas yang belajar menggunakan model Project Based Learning (PjBL), memiliki keterampilan berpikir kreatif dan karakter religius yang tinggi dibanding kelas yang hanya menggunakan model direct learning.

Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Berpikir Kreatif, Karakter Religius.

References

Abdurahman, A., Sri Afira Ruhyadi, S. G., & Binasdevi, M. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD. Al-Ibanah, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.107

Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904. ttps://doi.org/10.31004/ basicedu.v7i6.6623

Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Firdaus, M., Anzhani, V. A., & Guru, P. P. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065–5077. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13163

Nadhifah, Z. L., Khoiri, A., & Fatiatun. (2024). Model Pembelajaran Pjbl-Stem Terintegrasi Islam Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Menanamkan Karakter Religius Siswa. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 178–185. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1082

Patoni, M. R., Ayu, D., Putri, A., & Asriyanti, F. D. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil. 4(1), 26–37. https://ejournal.papanda.org/index.php/pjmsr/article/view/1075

Salsabila, A. (2024). Meningkatkan motivasi dan karakter wasaka menggunakan model. 09(September). https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17711

Utami Azzahra, Fitri Arish, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. Biodik, 10(2), 156–161. Https://doi.org/10. 22437/ biodik.v10i2.33827

Downloads

Published

2025-08-29

How to Cite

Saadah, I., & Agustiana Putri, D. A. (2025). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 5 PELAJARAN IPAS. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 5(2), 61–72. https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i2.2276

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.