PENGEMBANGAN MODUL IPAS INTEGRASI AYAT AL-QUR’AN UNTUK SISWA KELAS 4 SDN 12 PAGARUYUNG

Authors

  • Cici Febriyani Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Sunarti Sunarti Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2142

Keywords:

Modul Pembelajaran, IPAS, Integrasi Ayat Al-Qur’an, Mengubah Bentuk Energi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil analisis kebutuhan guru dimana guru belum ada mengembangkan modul yang terintegrasi ayat al-qur’an, sehingga dalam proses pembelajaran hanya menggunakan modul yang tersedia di sekolah kemudian didukung oleh hasil analisis kebutuhan siswa bahwasanya dalam proses pembelajaran siswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu terdapat karakteristik siswa yang bermasalah tentang kurang mandiri siswa, kurang bekerja sama siswa, dan kurang disiplinnya peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPAS integrasi ayat al-qur’an yang valid dan praktikalitas untuk siswa kelas IV SDN 12 Pagaruyung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Reseach and Development (R&D) dengan desain pengembangan modul 4D, 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (defiine), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap desiminasi (deciminate). Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar validitas produk dan lembar praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validasi dan analisis praktikalitas. Hasil penelitian dari pengembangan menyatakan bahwa modul IPAS Integrasi Ayat Al-Qur’an, bisa dilihat dari validasi produk 78,6%, dan 96,3% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas diproleh 86,6% dan 91,6% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian hasil validitas dinyatakan sangat valid dan hasil praktikalitas dinyatakan sangat praktis.

Kata Kunci: Modul Pembelajaran, IPAS, Integrasi Ayat Al-Qur’an, Mengubah Bentuk Energi.  

References

Asmin, M., Sahabuddin, E. S., & Makkasau, A. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Literasi Siswa Kelas IV SD Terang- terang Kabupaten Bulukumba. Pinisi Journal of Art, Humanity & Social Studies, 1– 14.

Ayunda, S. N. (2023). Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur ’ an Pada Pembelajaran Biologi. EDU- BIO Jurnal Pendidikan Biologi ISSN:, 6(2), 106–114.

Ali Rif’an, & Akhmad Said. (2024). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

(Sebuah Tinjauan Biopsikososiospiritual). PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 194–220.

Asmin, M., Sahabuddin, E. S., & Makkasau, A. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Literasi Siswa Kelas IV SD Terang-terang Kabupaten

Bulukumba. Pinisi Journal of Art, Humanity & Social Studies, 1–14.

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.

Mabruroh, F. (2022). Penerapan Konsep Usaha dan Energi Dalam Persfektif Sains dan Al- Qur’an. Jurnal Penelitian Fisika Dan Terapannya (JUPITER), 3(2), 61–68. https://doi.org/10.31851/jupiter.v3i2.7570

Mia. (2022). Pendidikan Islam dan Keagamaan Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(4), 351–371.

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316–335. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 40–50. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Febriyani, C., & Sunarti, S. (2024). PENGEMBANGAN MODUL IPAS INTEGRASI AYAT AL-QUR’AN UNTUK SISWA KELAS 4 SDN 12 PAGARUYUNG. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 4(1), 8–19. https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2142

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.