ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN SOFTWARE PROVINCIAL AND KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS) PADA RUAS JALAN CIAWI - PANUMBANGAN

Authors

  • Moehammad Muzakki Fajrian Fahrurozi Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Agi Rivi Hendardi Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Dedi Budiman Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/jitsi.v4i1.1580

Keywords:

Road Damage, Handling Recommendations, SDI Method, PKRMS Method

Abstract

Based on 2023 data from the PUTRPRKPLH Office of Tasikmalaya Regency, the length of district roads is 1,303 kilometers, 60.4% are in good condition, 39.6% have moderate and severe damage. Jalan Ciawi – Panumbangan suffered significant damage. This road condition has problems that can affect the safety of road users. The purpose of this study is to identify the type of damage that occurs on the Ciawi – Panumbangan Road section, identify a comparison of road damage analysis using the SDI and PKRMS methods, analyze handling recommendations that can be given based on the results of the comparison analysis. This research uses a descriptive method, which is research by describing an object according to existing reality. There were 6 damages that occurred on Jalan Ciawi – Panumbangan consisting of loose grains with a damage area of 115.39 m2 (6.95%), disintegration of the damage area of 316.8 m2 (19.08%), patches of damage area of 456.41 m2 (27.49%), cracks of the damage area of 643.19 m2 (38.74%), holes with a damage area of 58.05 m2 (3.50%), damaged edges of the damage area of 70.57 m2 (4.25%). The comparison results of the two methods for the SDI method are good road conditions 80.36%, medium 19.64%, lightly damaged 0% and severely damaged 0%. While in the PKRMS method, the road condition is good 67%, medium 29%, lightly damaged 2%, and severely damaged 2%. This type of damage handling SDI method routine maintenance by 100%. While the PKRMS method of routine maintenance is 92.85%, periodic maintenance is 5.36%, and rehabilitation is 1.79%

Keywords : Road Damage, Handling Recommendations, SDI Method, PKRMS Method

 

Abstrak Berdasarkan data Tahun 2023 Dinas PUTRPRKPLH Kabupaten Tasikmalaya, panjang jalan kabupaten 1.303 kilometer, 60,4% dalam kondisi baik, 39,6% mengalami kerusakan sedang dan berat. Ruas jalan Ciawi – Panumbangan mengalami kerusakan signifikan yang dapat mempengaruhi keselamatan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang terjadi di ruas Jalan Ciawi – Panumbangan, membandingkan analisis kerusakan jalan menggunakan metode SDI dan PKRMS, serta memberikan rekomendasi penanganan berdasarkan hasil analisis perbandingan. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif, yang merupakan suatu pendekatan penelitian untuk menggambarkan dan menginterpretasi suatu obyek sesuai dengan realitas yang ada. Hasil penelitian menunjukkan enam jenis kerusakan: butir lepas (115,39 m² atau 6,95%), disintegrasi (316,8 m² atau 19,08%), tambalan (456,41 m² atau 27,49%), retak-retak (643,19 m² atau 38,74%), lubang (58,05 m² atau 3,50%), dan rusak tepi (70,57 m² atau 4,25%). Berdasarkan metode SDI, kondisi jalan baik sebesar 80,36%, sedang 19,64%, rusak ringan 0%, dan rusak berat 0%. Sedangkan metode PKRMS menunjukkan kondisi jalan baik sebesar 67%, sedang 29%, rusak ringan 2%, dan rusak berat 2%. Penanganan kerusakan menurut metode SDI adalah 100% pemeliharaan rutin, sementara metode PKRMS mencakup 92,85% pemeliharaan rutin, 5,36% pemeliharaan berkala, dan 1,79% rehabilitasi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun kedua metode memberikan hasil yang serupa, PKRMS menawarkan pendekatan yang lebih komprehensif untuk perencanaan pemeliharaan jangka panjang, meskipun memerlukan biaya lebih besar. Di sisi lain, SDI lebih efisien dari segi biaya dan waktu untuk pemantauan rutin. Berdasarkan kondisi ruas jalan Ciawi-Panumbangan, PKRMS lebih direkomendasikan karena memberikan gambaran yang lebih menyeluruh untuk manajemen jalan yang berkelanjutan.

Kata kunci : Kerusakan Jalan, Rekomendasi Penanganan, Metode SDI, Metode PKRMS

References

Achmad, F. 2024. ‘ANALISIS KERUSAKAN DAN PERENCANAAN PERBAIKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PROVINCIAL/KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS) BERLOKASI PADA ENAM RUAS JALAN DI DAERAH KABUPATEN PROBOLINGGO PROVINSI JAWA TIMUR’.

Anugrahni, S. I. 2024. ‘EVALUASI KONDISI KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN PROGRAM PROVINCIAL/KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS) PADA RUAS JALAN JALAN PONU NGABA (RELLY TVRI)-WANOKAZA, SOBAWAWI-WEEKAROU, KURU TEPE-MATA KAITO, WEEKAROU-SODANA, WANUKAKA-RUA, DAN GAURA-RITA KABUPATEN SUMBA BARAT NUSA TENGGARA TIMUR’.

Armayadi. 2023. ‘PENERAPAN APLIKASI PROVINCIAL/ KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS) PADA KEGIATAN PRESERVASI JALAN DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT’. http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA.

Asalam, I Dewa Made Alit Karyawan & Muhajirah. 2021. ‘Analisis Kerusakan Ruas Jalan Talabiu-Simpasai Kabupaten Bima Menggunakan Aplikasi Provincial And Kabupaten Road Management System (PKRMS)’ 15 (7).

Farhan, Muhammad, and Safaruddin M Nuh. 2022. ‘SISTEM MANAJEMEN JALAN UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS REHABILITASI JALAN PROVINSI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM PKRMS’.

Gennaryo, D. M. 2024. ‘Penentuan Prioritas Penanganan Kerusakan Jalan Pada Ruas Jalan Kabupaten Sumba Barat Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)’.

Ir. Rezeki Peranginangin, M.Sc., M.M. 2022. Pelatihan Provincial / Kabupaten Road Management System (PKRMS) Modul 3 Pengaplikasian PKRMS. Bandung: Dipublish.

Maharani, Elvina, Kurnia Hadi Putra, and Histori Artikel. 2023. ‘Evaluasi Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Surface Distress Index, Binamarga 1990, Serta Berbasis Software PKRMS Informasi Artikel’ 2 (8).

Murni, Murni, Asriadi Asriadi, and Ahmad Badrul Ali Mustofa. 2023. ‘ANALISIS PEMETAAN KERUSAKAN JALAN KABUPATEN SORONG DENGAN METODE SDI (SURFACE DISTRESS INDEX)’. Journal Peqguruang: Conference Series 5 (1): 32. https://doi.org/10.35329/jp.v5i1.4002.

Soehardi, Fitridawati. 2022. ‘ANALISIS KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) (STUDI KASUS : JALAN MERANTI KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU)’. J. Inersia 14 (1): 35–40. https://doi.org/10.33369/ijts.14.1.35-40.

‘Survei Kondisi Jalan Nomor SMD-93/RCS, Jakarta Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (2011)’. n.d.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Fajrian Fahrurozi, M. M., Hendardi, A. R., & Budiman, D. (2023). ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN SOFTWARE PROVINCIAL AND KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS) PADA RUAS JALAN CIAWI - PANUMBANGAN. JITSi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 4(1), 45–60. https://doi.org/10.36423/jitsi.v4i1.1580

Most read articles by the same author(s)